Sabtu, 09 Juli 2011

Arti Lambang G Pada Freemason

Penasaran pengen tau arti lambang freemason, kenapa ada jangka dan penggaris siku. Apa ada kaitannya dengan latar belakang disiplin ilmu ukur (geometry) atau tidak.

Jika melihat dari arti mason yang bearas dari kata macon (bhs.perancis) yang artinya tukang batu (wikipedia), mungkin rada nyambung juga, karena terkait dengan sebuah pekerjaan yang membutuhkan alat-alat tersebut.

Lebih jauh, coba cari-cari lagi dari google, ketemu di salah satu blog : http://boyshark46.blogspot.com, sedikit penjelasan dari lambang freemason :

Seperti organisasi pada umumnya, freemasonry juga memiliki lambang. Lambangnya yang paling terkenal adalah sebuah jangka dan penggaris busur dengan huruf G ditengahnya.

Namun anehnya, mereka tidak memiliki interpretasi resmi terhadap arti simbol ini. Jadi interpretasinya seringkali hanya diberikan oleh para individu dengan pandangan dan pemikiran masing-masing.
Misalnya, Huruf G di tengah lambang itu. Di beberapa lodge, huruf G itu diterima sebagai kependekan dari “God”. Di tempat lain “Goodness”. Tapi mungkin yang paling populer adalah “Geometry”, sebuah dasar matematika yang melahirkan legenda freemason.
Di beberapa negara seperti Inggris, huruf G tersebut telah dihilangkan dari lambang freemason setempat.
Menurut Albert Pike, pendiri The Scottish Rite dalam bukunya “Morals and Dogma” yang juga dianggap sebagai “kitab sucinya” freemason, lambang jangka berarti “Ketuhanan yang Kreatif”, sedangkan penggaris busur adalah “Bumi produktif alam semesta”
Entah apa maksudnya. Tapi kedengarannya sangat New Age.
Selain lambang tersebut, lambang lain yang sering dihubungkan dengan freemason adalah lambang piramida dengan sebuah mata di puncaknya. Lambang ini disebut “all seeing eye”.
Menurut Fredrick Goodman, mata yang melihat di puncak piramida itu memainkan peranan sangat penting dalam dunia okultis. Asal lambang tersebut adalah “The Eye of Horus” dari zaman Mesir purba.
Sedangkan lambang piramida diambil karena freemason menganggap piramida sebagai lambang penyatuan semua agama. Menurut Foster Bailey, seorang mason level 33, “Simbol piramida, yang bisa ditemukan di Mesir dan Amerika Selatan menjadi saksi bahwa misteri zaman purba memiliki keterkaitan dengan pekerjaan para Mason pada zaman ini.”
Disinilah sebagian orang mulai mencium bau konspirasi. Simbol ini ternyata terdapat pada uang kertas Dolar Amerika.
Dari blog lain (http://khai79.blogspot.com), dijelaskan sbb :

Perhatikan simbol-simbol tersebut, semuanya mempunyai asas yang sama iaitu mempunyai satu jangkalukis (compasses) di bahagian atas , sesiku (square) di bahagian bawah dan huruf ‘G’ di tengah-tengah. Semuanya itu mempunyai maksud yang tersendiri dan di kalangan ahli-ahli Masons sendiri pun ada bermacam-macam maksud dan biasanya ia tidak didedahkan di kalangan ahli. Cuma saya akan cuba ketengahkan pendapat yang kuat tentang simbol tersebut mengkikut kajian saya.

Di kebanyakan negara, huruf ‘G‘ di tengah tadi itu membawa makna ‘God‘ atau ‘Tuhan‘. Dan pendapat satu lagi yang kuat adalah ‘Geometry’. Inilah yang menjadi asas kepada kerja-kerja KREATIF yang dilakukan oleh kumpulan Freemasons dari awal dulu lagi. Maka apabila dihubungkan Geometri dengan God, maka kebiasaanya para arkitek dan pereka bentuk akan menggunakan alat-alat Geometri kan. Maka maksud di situ adalah tuhan itu mereka cipta dunia ini dan itulah secara analoginya digambarkan dengan Geometri tersebut.

Tentang jangkalukis dan sesiku itu pula, ia merupakan antara alat utama yang digunakan oleh Freemasons dalam kerja-kerja mereka sejak dulu. Jangkalukis biasanya digunakan untuk melakarkan bentuk bulat dan bahagian-bahagiannya dengan mudah. Manakala sesiku pula untuk menyemak ketepatan sudut 90° yang mana amat penting dalam pembinaan bangunan. Dari sudut lain, simbol itu juga melambangkan jantina iaitu jangkalukis yang atas itu lelaki dan sesiku bawah itu wanita. Dan akhirnya lahirlah ‘G’ di tengah-tengah itu. Begitulah menurut beberapa pendapat berkenaan simbol Freemasons.

2 komentar:

  1. Gerakan freemason dan Illuminati sesungguhnya adalah pemutarbalikan cara berfikir tentang pola ruang Ka’bah yang dijelaskan dalam ayat – ayat Al Qur’an yang terputus – putus.
    Lambang freemason yang berisi mistar dan jangkar busur merupakan copy paste dari kubus Ka’bah dan gerak thawaf yang melingkar.
    Sesungguhnya kaum freemason mencoba menutupi pola pikir ruang Ka’bah yang dibangun Ibrahim AS dan Ismail AS dengan meniadakan eksistensi Allah di dalamnya.
    Mereka berusaha membangun dunia dengan pola mereka, namun apa yang mereka bangun sebagai tipu daya , tidak dapat mengalahkan konsep Tauhid yang tercermin dalam pola ruang Ka’bah. Mereka akan terkalahkan oleh pikiran mereka sendiri, jika kita memiliki kemauan dan kemampuan untuk berpikir dalam pola ruang Ka’bah. Untuk lebih jelasnya silahkan baca di : www.polaruangalquran.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Baca artikel di link dibawah ini, semuanya lengkap tentang FreeMasonry


    http://indocropcircles.wordpress.com/2011/06/20/the-jacatra-secret-misteri-satanic-symbols-di-jakarta/

    BalasHapus